Tuesday, May 11, 2010

senjata senjata penembus baja/lapisan anti peluru

ini gue copy dari kaskus,so thanks to kaskus

Senjata Penembus baja

1. RPG-7
Spoiler for gambar


adalah granat berpeluncur roket anti tank yang diluncurkan dari pundak yang banyak diproduksi. Senjata ini dirancang oleh Uni Soviet, dan nama panjangnya adalah Ручной Противотанковы 081; Гранатомёт atau Ručnoj Protivotankovyj Granatomjët, yang artinya "peluncur granat anti tank genggam".

Senjata ini dikenal memiliki daya tahan tinggi, sederhana, murah, dan efektif, sehingga menjadi granat berpeluncur roket yang paling banyak dipakai di dunia. Ada sekitar 40 negara yang memakai RPG-7, dan senjata ini diproduksi di sembilan negara. RPG-7 dipakai dalam berbagai konflik di dunia sejak pertengahan 1960-an, dari Perang Vietnam sampai Perang Afganistan dan Perang Irak masa kini.

RPG-7 pertama kali diperkenalkan oleh Uni Soviet pada tahun 1961 dan dipakai pada tingkat regu. Konsep awal senjata ini dibuat berdasarkan senjata era Perang Dunia II, yaitu Bazoka Amerika Serikat dan Panzerfaust Jerman.
Latar belakang
Teknologinya RPG diadopsi dari pengembangan bazoka, yakni memanfaatan tabung hampa berukuran panjang untuk melontarkan proyektil berisi bahan peledak berkekuatan besar. Rancangan senjata baru yang disebut proyektil dengan isian penembus (hollow charge) memungkinkan lapisan baja kendaraan dapat dilumatkan dengan sejumlah kecil bahan peledak.

Prinsip kerja yang dikenal sebagai efek Monroe banyak mengalami kendala. Kecepatan jelajahnya lebih rendah dibandingkan proyektil meriam biasa. Hal ini mendorong upaya pengembangan lanjutan yang berujung pada sistem senjata anti tank perorangan konvensional tanpa mekanisme kendali.

Selain itu dikenal pula sistem senjata peluncur hulu ledak isian tabung hampa yang mengaplikasikan prinsip senjata tanpa tolak balik (recoilless). Gaya tolak balik yang timbul saat penembakan diredam oleh gas bertenaga besar yang juga timbul saat itu. Tak pelak proyektil yang keluar dari tabung peluncur tanpa disertai hentakan memang berisiko terganggu tingkat akurasi bidikannya.

Pengembangannya menghasilkan Reaktivny Protitankovy Granatze Vzor 2 (RPG-2) di awal tahun 1946. RPG-2 dapat diisi ulang dengan memasang kembali satu unit amunisi di moncong tabung peluncurnya. Walaupun populasinya sudah jauh berkurang, senjata yang ditembakkan dengan cara disandang pada bahu ini masih dapat dijumpai di sejumlah wilayah rawan konflik.


2. Roket anti-kapal selam
Spoiler for gambar



Roket anti-kapal selam (bahasa Inggris:Anti-Submarine ROCket disingkat ASROC) adalah sebuah sistem peluru kendali anti-kapal selam yang dikembangkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan dipasang pada lebih dari 200 kapal permukaan umumnya tipe kapal jelajah dan kapal penghancur. Ketika sebuah kapal selam musuh dideteksi oleh sebuah kapal permukaan, pesawat patroli atau helikopter anti-kapalselam dengan menggunakan sonar, informasi tersebut akan diteruskan kepada kapal pembawa ASROC yang kemudian akan menembakkan ASROC yang memiliki torpedo atau peledak kedalaman ke target. Ketika roket rudal berhenti, torpedo akan dilepaskan, parasut akan dikembangkan untuk memperlambat laju jatuhnya torpedo sampai memasuki air. Motor torpedo kemudian akan diaktifkan, dan torpedo yang dikendalikan oleh sistem sonarnya sendiri akan melacak targetnya. Jika ASROC diisi dengan peledak kedalaman, bom tersebut cukup tenggelam sampai pada kedalaman tertentu yang sudah diset sebelumnya dan kemudian meledak. Sebuah rudal ASROC dapat membawa peledak konvensional atau sebuah hulu ledak nuklir W44 berdaya ledak 10 kiloton. Hulu ledak nuklir W44 pensiun pada 1989.

ASROC pertama (RUR-5) menggunakan peluncur rudal MK-112 "Matchbox" yang dikembangkan pada 1950-an dan dipasang pada 1960-an. Sistem ini kemudian diganti oleh RUM-139 Vertical Launch ASROC atau VLA, sebuah ASROC dengan sistem luncur vertikal.
Sebuah ASROC vertikal diluncurkan

Rudal VLA adalah sebuah roket anti-kapal selam tiga tingkat yang dirancang untuk dipasang pada kapal penjelajah kelas Ticonderoga, kapal perusak kelas Arleigh Burke dan kapal penghancur kelas Spruance yang dilengkapi dengan sistem peluncur vertikal MK41 dan sistem kendali penembakkan MK-116. Rudal VLA memiliki kemampuan tanggap yang cepat dan dapat membawa torpedo MK-46 dalam segala cuaca dan mampu mencapai jarak menengah. VLA mulai dipakai pada 1993 sebagai sistem senjata standar untuk kapal penjelajah dan kapal penghancur yang memiliki sistem perang Aegis dan sebagai pengganti untuk ASROC pada kapal penghancur kelas Spruance ketika peluncur ASROC diganti dengan VLS MK41.

Rudal VLA pertama kali digunakan dengan torpedo MK-46.



3. Torpedo
Spoiler for gambar


Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang ditembakkan di atas atau di bawah permukaan laut dan kemudian meluncur di bawah permukaan laut dan dirancang untuk meledak pada kontak atau pada jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal permukaan, helikopter atau pesawat. Torpedo juga dapat menjadi senjata dari senjata lainnya. Torpedo Mark 46 dari Amerika Serikat dapat menjadi bagian dari ASROC (Anti-Submarine ROCket) dan ranjau CAPTOR yang menggunakan sensor khusus yang akan melepaskan torpedo ketika mendeteksi musuh.

Torpedo di gunakan oleh :
-Angkatan Laut Amerika Serikat
Ada empat torpedo utama yang dipakai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, yaitu:

* Mark 48.
* Mark 46.
* Mark 50.
* Mark 54.

Angkatan Laut Britania Raya

Torpedo yang digunakan oleh Angkatan Laut Britania Raya termasuk:

* Spearfish.
* Stingray.
* Mark 24 Tigerfish.

Angkatan Laut Kerajaan Jepang
Torpedo yang digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Jepang pada Perang Dunia II termasuk:

* Tipe 91.
* Tipe 92.
* Tipe 93.
* Tipe 95.
* Tipe 97.
* Kaiten.

Angkatan Laut Jerman
Torpedo yang digunakan oleh Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman pada zaman Nazi) termasuk:

* G7a (T1).
* G7e (T2).
* T3.
* T4 (Falke).
* G7es (Zaunkönig).
* T11.

Angkatan Laut Jerman sekarang ini:

* DM2A4.
* DM2A3.
* MU 90.
* Mark 46.
* Barracuda (dalam pengembangan).

Angkatan Laut Rusia
Torpedo yang digunakan oleh Angkatan Laut Rusia termasuk:

* Tipe 53.
* Tipe 65.
* VA-111 Shkval.

No comments:

Post a Comment